Media sebagai alat bantu mengajar
a. Pengetian : media yang memiliki kedudukan yang sama dengan komponen pembelajaran lainnya dalam kelas dengan kata lain media tersebut berfungsi untuk memudahkan proses penyampaian bahan ajar dari pengajar kepada pendidik.
b. Pengaruh pada berbagai perkembangan yang ada
Media alat bantu mengajar terjadi perkembangan seiring dengan berkembangnya IPTEK maka semakin berkembang pula kinerja media sebagai alat bantu mengajar. Misal alat-alat elektronik berupa hardware dan software yang membantu pengajar menerangkan informasi kepada peserta didik.
c. Konsekuensi perancang & pelaksanaan pembelajaran
Pengajar harus bisa menguasai cara pemakaian media sebagai alat bantu mengajar. Itu dikarenakan untuk lebih mempermudah bagi peserta didik untuk memahami suatu informasi yang diberikan oleh pengajar.Media sebagai media informasi
a. Pengertian : Media yang berfungsi sebagai penyampai pesan dimanan pengajar tidak harus bertatap muka dengan peserta didik.
b. Bentuk media sebagai program informasi tidak dari media cetak tetapi meluas ke berbagai media, termasuk media elektronik.
c. Guru harus mampu membimbing & mengajari peserta didik untuk memanfaatkan program informasi dalam proses pembelajaran.
Media sebagai pembelajaran
a. Pengertian : Media berfungsi untuk membangkitkan motivasi belajar pserta didik yang artinya media pembelajaran dapat mengubah bahan ajar yang dulunya abstrak menjadi konkret sehingga pembelajaran yang dulunya teoritis menjadi fungsional praktis.
b. Bahan ajar menjadi lebih fleksibel bisa dilakukan, dimana saja, kapan saja dan oleh siapa saja, dengan catatan untuk mancapai tujuan pembelajaranyang sudah dirancang sebelumnya.
c. Para pengajar dan peserta didik harus bisa memilah-milah yang sesuai dengan tukuan pembelajaran yang akan dicapai.
Heinich dalam Muhammad Furqon mengungkapkan bahwa dalam aktivitas pembelajaran, media dapat didefinisikan sebagai sesuatu yang dapat membawa informasi dan pengetahuan dalam interaksi yang berlangsung antara guru dengan murid. Dengan kata lain, media pembelajaran berperan sebagai perantara dalam pembelajaran yang dilakukan oleh antara guru dengan siswa.
Secara lebih khusus, pengertian media dalam proses belajar mengajar cenderung diartikan sebagai alat-alat grafis, photografis atau elektronis untuk menangkap, memproses, dan menyusun kembali informasi visual atau verbal. (Azhar Arsyad, 2005 : 3)
Jenis-Jenis Media Pembelajaran
Heinich, Molenda, dan Russel (dalam Muhammad Furqon) mengemukakan klasifikasi media yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran yaitu
(1) Media yang tidak diproyeksikan,
(2) Media yang diproyeksikan (projected media),
(3) Media audio,
(4) Media video dan film,
(5) Komputer, dan
(6) Multimedia berbasis komputer.
Menurut Harjanto (2005: 37-38) ada beberapa jenis media pendidikan yang biasa digunakan dalam proses pengajaran, yaitu :
a.Media grafis, seperti gambar, foto, grafik, bagan atau diagram, poster, kartun, komik, dll. Media grafis juga disebut dengan media 2 dimensi.
b.Media 3 dimensi yaitu dalam bentuk model seperti model padat, penampang, model susun, model kerja, diaroma, dll.
c.Media proyeksi, seperti slide, filmstrip, film, OHP (Overhead Proyector), dll.
d.Penggunaan lingkungan sebagai media pendidikan.
Penggunaan media di atas dilihat atau dinilai dari segi kecanggihan medianya, tetapi yang lebih penting adalah fungsi dan peranannya dalam membantu mempertinggi proses pengajaran. Pemilihan Media Pembelajaran Berbagai macam media pengajaran yang tersedia saat ini membutuhkan kejelian seorang guru untuk memilihnya sesuai dengan tujuan dan kondisi saat itu. Setiap media tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing tergantung pada cara pemakaiannya. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan media pengajaran antara lain :
a.Tujuan, media hendaknya menunjang tujuan yang telah dirumuskan
b.Keterpaduan (validitas), tepat dan berguna bagi pemahaman bahan yang dipelajari
c.Keadaan peserta didik, kemampuan daya pikir dan daya tangkap peserta didik, besar kecilnya kelemahan peserta didik perlu dipertimbangkan.
d.Ketersediaan, pemilihan perlu memperhatikan ada atau tidak ada medai tersedia di perpustakaan atau di sekolah serta mudah/sulitnya diperoleh media tersebut.
e.Mutu tehnis, media harus memiliki kejelasan dan kualitas yang baik.
f.Biaya, pemilihan media juga harus mempertimbangkan besar kecilnya biaya yang akan dikeluarkan untuk memperoleh media tersebut (Harjanto, 2002 : 40)
a.Relevansi pengadaan media pendidikan edukatif.
b.Kelayakan pengadaan media pendidikan edukatif.
c.Kemudahan pengadaan media pendidikan edukatif.
Kegunaan Media Pendidikan
Secara umum media pendidikan mempunyai kegunaan sebagai berikut :
a.Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu verbalitas (dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan belaka).
b.Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan daya indra seperti :
1)Objek yang terlalu besar bisa digantikan dengan realitas, gambar, film, atau model.
2)Objek yang kecil dibantu dengan proyektor mikro, film, bingkai, atau gambar.
3)Gerak yang terlalu lambat atau terlalu cepat dapat dibantu dengan timelapce, atau high speed photography.
4)Kejadian atau peristiwa yang terjadi di masa lalu bisa ditampilkan lagi lewat rekaman, film, video.
5)Objek yang terlalu kompleks (misalnya mesin-mesin) dapat disajikan dengan model, diagram, dll.
6)Konsep yang terlalu luas, dapat divisualisasikan dengan bentuk film atau gambar.
c.Media pendidikan yang tepat dapat mengatasi sikap pasif peserta didik, kegunaannya adalah :
1)Menimbulkan gairah belajar
2)Memungkinkan interaksi yang lebih langsung antar peserta didik dengan lingkungan dan kenyataan.
3)Memungkinkan peserta didik belajar sendiri-sendiri menurut kemampuan dan minatnya.
Berikut ini project saya yang sudah selesai dalam pembuatan media pembelajaran elektronik SD /MI kelas 3 dengan pokok pembahasan kerjasama. Dalam pembuatan ini saya menggunakan flash profesional 8. semoga dengan media pembelajaran yang saya buat dapat membantu Anda dan dapat dipergunakan sebagai referensi dalam pembuatan media pembelajaran yang lain dan dapat Anda sebarkan kepada orang lain.
file download Media Pembelajaran Elektronik SD kelas 3
Password mediafire :
Password file [.rar] :
file download di 4sahred Media Pembelajaran Elektronik SD kelas 3
3 komentar:
mohon petunjuk pasword media pembelajaran ips kelas 3
@TASMAD MAULANA:saya rasa sudah jelas dan password sudah saya cantumkan. untuk passwor download file di mediafire.com anda masukkan kata tanpa tanda kurung (rilvan&diah)
dan setelah anda download ekstrak file menggnakan winzip/winrar dengan memasukkan password tanpa tanda kurung (www.ipoenk23.blogspot.com)
waduh, flash nya kerennnnnnnn, kalo boleh, bagi script dan tutorial flashnya pak, (mochamadhusnimubarok@yahoo.com), terima kasih sebelumnya
Posting Komentar
Silahkan berikan komentar anda berkaitan dengan postingan di atas. jika anda tidak memiliki username di google atau blog lain. Anda dapat memilih sebagai "Anonymous". Blog ini menganut system DO FOLLOW
Diharapkan agar komentar bukan SPAM, berbau SARA, dan PORN Terimakasih telah berkomentar :)