Admin

SELAMAT DATANG

Selamat datang di Coretan RD - saya senang Anda berada di sini, dan berharap Anda sering datang kembali. Silakan Berlama - Lama di sini dan membaca lebih lanjut tentang artikel yang Kami susun. Ada banyak hal tentang kami, Anda mungkin akan menemukan sesuatu yang menarik

Sekilas Tentang Admin

Nama saya Rilvan, Saya Bukan Seorang Blogger, Desainer atau Apapun Tapi Saya Hanya Seseorang Yang Ingin Selalu Belajar dan Ingin Tahu Sesuatu Yang Baru...

Welcome to My Blog Jangan lupa berikan saran kritik Anda terima kasih

Senin, 19 Desember 2011

Hanacaraka v 1.0 Pembelajaran Aksara Jawa™

Ilmu yang bermanfaat yaitu ilmu yang terus mengalir pada jiwa dan berniat untuk terus menyebarluaskan ilmu tersebut dengan tujuan baik pula. Karena dengan saling berbagi kita akan selalu menemukan arti kebajikan yang sebenarnya. Sesuai dengan judul postingan kali ini saya akan berikan software ini kepada Anda sekalian tentang Pembelajaran Aksara Jawa Menggunakan Software Hanacaraka v 1.0 yang dibuat oleh Dinas Kebudayaan DIY th 2005. Bagi Anda yang berdomisili dan suku Jawa, saya rasa Software Hanacaraka v 1.0 ini dapat membantu Anda mempelajarinya. dan Bagi Anda yang bukan berdomisili di daerah Jawa dan Suku lain Anda juga berhak untuk memilikinya karena Program ini cocok bagi Anda yang pemula ataupun yang sudah profesional. Karena desain dan fitur Program ini mudah dipelajari dan untuk menjalankannya. Untuk mengunduh dan mengenal lebih dalam, mari kita bahas secara mendalam.
Hanacaraka v 1.0 merupakan program pembelajaran aksara Jawa yang telah dibuat pada tahun 2005 untuk Dinas Kebudayaan Propinsi Yogyakarta. Ada pun menu atau fitur yang ditawarkan meliputi :
1. Konversi Aksara
[konversi Latin-Jawa dan konversi Jawa-Latin]
Konversi Aksara memungkinkan Anda untuk secara cepat mengubah tulisan latin menjadi aksara Jawa. Andapun dapat memasukkan file teks bertipe .txt dari komputer Anda untuk langsung dikonversi menjadi Aksara Jawa.
Langkah Konversi Aksara :
1. Secara Langsung
Yaitu dengan cara mengetikan teks yang akan dikonversi menjadi aksara Jawa pada kolom pertama. Apabila anda menggunakan karakter é, seperti pada penggunaan kata lélé, maka gunakan tombol [tombol Huruf é] untuk memasukkannya. Atau dapat digunakan konfigurasi penekanan tombol Alt + 0 + 2 + 3 +3.
Setelah selesai tekan tombol Konversi, maka hasil konversi dapat dilihat pada kolom kedua.
2. Dari File .txt
Cari file bertipe .txt yang akan Anda konversi dengan menekan tombol setelah muncul file tersebut tekan tombol Konversi, maka hasil konversi dapat dilihat pada kolom kedua.
2. Pengenalan Aksara Carakan
Menu pengenalan aksara ini membantu Anda dalam mengingat dan mengenal aksara Jawa. Interaksi pengguna yang ditampilkan dalam bentuk seperti kalkulator memungkinkan Anda dapat belajar aksara secara cepat dan tepat.
Aksara Carakan Merupakan 20 aksara pokok yang bersifat silabik (kesukukataan) yang digunakan di dalam ejaan bahasa Jawa.
- Aksara Swara Yaitu lima buah aksara yang digunakan untuk menuliskan aksara vokal yang menjadi suku kata, terutama yang berasal dari bahasa asing, untuk mempertegas pelafalannya.
- Angka Jawa Merupakan menu untuk menulis angka-angka dalam aksara Jawa
- Aksara Murda Aksara murda dipakai untuk menuliskan nama gelar dan nama diri, nama geografi, nama lembaga pemerintahan, dan nama lembagaberbadan hukum.
- Sandangan Merupakan tanda diakritik yang dipakai sebagai pengubah bunyi di dalam tulisan Jawa. Di dalam tulisan Jawa aksara yang tidak mendapat sandangan diucapkan sebagai gabungan antara konsonan dan vokal a.
- Pasangan Aksara Pasangan merupakan aksara yang berfungsi untuk menghubungkan suku kata tertutup konsonan dengan suku kata berikutnya kecuali suku kata yang tertutup wignyan, layar, dan cecak.
Fungsi Tombol :
[Tombol Hapus] Untuk menghapus seluruh aksara yang telah dituliskan. Apabila Anda mengalami kesalahan dalam penulisan dapat digunakan tombol ini.
[Tombol Copy] Untuk mengkopi aksara yang telah ditulis ke dalam format lainnya seperti .txt dan .doc atau ke dalam pengeditan soal-soal latihan.
3. Latihan Soal
Menu Soal Latihan pada program membantu Anda untuk mengingat aksara Jawa. Terdapat tiga tingkatan keahlian yaitu: Pemula, Menengah, dan Lanjut. Pilihan ini disesuaikan dengan kemampuan Anda. Banyaknya soal dan lama pengerjaan dapat dikonfigurasi pada menu 'Konfigurasi' pada tampilan utama program.
Pemula
Secara default, soal-soal yang ditampilkan pada tingkatan pemula sebanyak 5 buah soal secara acak dengan tiga buah pilihan setiap soalnya. Durasi pengerjaan soal yaitu 100 detik. Pada tingkatan pemula soal yang ditampilkan lebih menekankan pada pengingatan bentuk dan macam aksara Jawa.
Menengah
Secara default, soal-soal yang ditampilkan pada tingkatan menengah sebanyak 7 buah soal secara acak dengan tiga buah pilihan setiap soalnya. Durasi pengerjaan soal yaitu 100 detik. Pada tingkatan menengah soal yang ditampilkan lebih menekankan pada penggabungan aksara membentuk sebuah kata dasar.
Lanjut
Tingkat lanjut dikhususkan untuk tingkatan mahir dengan jumlah soal yang ditampilkan sebanyak 9 buah secara acak dan dengan tiga buah pilihan setiap soalnya. Durasi pengerjaan soal yaitu 100 detik. Soal yang ditampilkan pada tingkat lanjut juga merupakan kombinasi pertanyaan berbahasa Jawa dengan jawaban menggunakan aksara.

Selain 3 fiture tersebut kita diberikan pula fiture konfigurasi. Dimana menu konfigurasi ini berfungsi untuk kita yang dapat merubah database soal. baik mengeset dari jumlah pertanyaannya ataupun waktu yang dibutuhkan dalam pengerjaan soal tersebut.
Berikutnya yaitu menu edit soal yang berfungsi untuk dapat kita manfaatkan membuat soal sendiri dengan mengedit dari pilihan jenis soal pemula, menengah dan tingkat lebih lanjut. Fiture ini dilengkapi dengan penambahan jawaban yang benar sesuai kita inginkan.
Jika Anda merasa masih belum mengerti untuk menjalankan program ini. Program ini sudah dilengkapi dengan menu Bantuan yang memungkinkan memberikan tutorial step by step

Download Software Hanacaraka v 1.0

Jika Anda Menginginkan Hanacaraka v 1.0 ini. dapat mendownloadnya dengan mengklik tombol download di bawah ini. Untuk Keterangan Instalasi sudah saya cantumkan pada file downloadnya. Jika kurang jelas dengan kalimat postingan ini, Anda dapat meninggalkan komentar di bawah postingan ini. Terima Kasih...

Password mediafire :
Password file [.rar] :

Untuk file download klik tombol di bawah ini :










9 komentar:

fiscias mengatakan...

Blog keren van,,
iki fiscias,,,follow balik blogq yaw...http://fisciasblog.blogspot.com/

blog kmu dah tak follow,,,

Suhadi ꦗꦺꦴꦒ꧀ꦗ mengatakan...

Rencang-rencang sedaya,
mbok bilik kepareng, kula aturi pinarak wonten grup Sinau Nulis Jawa
http://www.facebook.com/groups/159027967494467/
samenika tulisan jawi sampun saget kagem fesbukan, blogging, lsp.
Ananging kedah nginstal rumiyen font carakan anyar ing mriki:
https://sites.google.com/site/hanacarakan/font/Carakan-Anyar-Rev-01D.ttf?attredirects=0&d=1
Kagem nulisipun kedah nginstal javenese keybord ing mriki:
http://sites.google.com/site/hanacarakan/font/dukunov_rev-01a.rar

Anonim mengatakan...

swt, ga bs klik kanan. ctrl C aja dah, tq gan

Unknown mengatakan...

Bang kerim ke email aq:lagian butuh aplikasi carakan madurax

Rilvan Uzwardani mengatakan...

@UBET ULET:Terima Kasih Infonya Mas Ubet :)

Rilvan Uzwardani mengatakan...

@Anonim:Mohon maaf y gan, emg gbs klik kanan. tp kalau kreatif bisa kog. script level 3 buatQ jd g bgitu sesuatu bgt. hehehe....

Rilvan Uzwardani mengatakan...

@Abd.Aziz:Mohon Maaf Mas Abd Aziz, untuk sementara aplikasi carakan madura masih belum saya dapat :)

Anonim mengatakan...

matur nuwun softwaree

Rilvan Uzwardani mengatakan...

@Anonim:Inggih sami-sami :)

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda berkaitan dengan postingan di atas. jika anda tidak memiliki username di google atau blog lain. Anda dapat memilih sebagai "Anonymous". Blog ini menganut system DO FOLLOW
Diharapkan agar komentar bukan SPAM, berbau SARA, dan PORN Terimakasih telah berkomentar :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Terima kasih telah berkunjung.
Jangan Lupa komentarnya ya.
by Rilvan And Diah